Knotes

Sibuknya aktivitas anda, terkadang membuat beberapa janji atau agenda kegiatan anda menjadi “amburadul”. Dan tidak jarang juga anda melupakan moment-moment terpenting dalam hidup anda. Dengan kesibukan yang sangat padat sebagai seorang enginer yang notabene kesehariannya di depan PC atau laptop, tentunya anda membutuhkan “pengingat” atau catatan kecil yang “melekat manis” di desktop kesayangan anda, Ubuntu menyebut aplikasi tersebut dengan nama STICKY KNOTES.


Terkadang kita masih terasa susah untuk mengingat setumpuk kegiatan dan jadwal yang telah di agenda-kan. Meskipun sudah berbekal PDA, Notes Handphone, sampai buku harian sekalipun, semua masih dirasa kurang. Pengguna Linux dapat memanfaatkan aplikasi Knotes pada desktop KDE untuk membuat catatan-catatan acak pada desktop. Tentu hal ini jauh lebih baik ketimbang harus menempel stick paper pada layar monitor atau meja kerja yang pasti akan kelihatan jorok.

Untuk menggunakan knotes klik Kmenu(start Menu) -> Utilities -> Knotes. Ribet? jalankan saja run command (alt+f2) kemudian ketik knotes. Pada KDE 3.5 Knotes juga mendukung format rich text, artinya anda bisa mengubah style huruf (bold,italic, Underline), Page align, Bulleting, dsb

Untuk mengubah mengatur setting knotes, klik kanan pada jendela knotes -> preferences atau klik kanan pada system tray (Pojok kanan) -> Configure Knotes.

Penjelasan :
  • Tanda kunci (gembok) : Jika gembok-nya mbuka, berarti notes dapat ditulis. Jika gembok tertutup, anda tidak akan dapat melakukan perubahan pada notes tersebut. Anda dapat menulis atau mengedit notes dengan menekan ikon gembok yang awalnya tertutup.
  • Tanda x : untuk menutup aplikasi
  • Tanda panah pada pojok kanan bawah dan kiri bawah : untuk memperbesar ukuran notes anda.

Untuk menyembunyikan aplikasi ini, anda cukup klik kanan ikon sticky Knotes -> pilih Hide KNotes. Sementara itu untuk mengembalikan atau menampilkan lagi anda cukup klik sekali saja pada ikon sticky notes.

Untuk mengatur warna, anda dapat melakukan klik kanan pada ikon sticky Knotes -> pilih Preferences

Judul untuk setiap catatan yang baru dibuat menggunakan format tanggal dan waktu pada saat tersebut. Anda dapat mengubah Judul tersebut dengan klik kanan pada jendela atas knotes -> rename, kemudian mengisi sesuai dengan judul yang diinginkan.
Setiap catatan yang dibuat disimpan oleh sistem dan akan di-load otomatis pada saat knotes dijalankan kembali. Jadi tidak perlu susah payah meng-save dan tidak perlu khawatir catatan kecil anda hilang.

Tips:
Agar Knotes otomatis hidup pada saat startup, gunakan fitur autostart (Konfigurasi di control center), atau bisa juga melakukan save session secara manual sebelumnyA.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar